Minggu, 27 Desember 2009

KDRT pada anak



Kekerasan rumah tangga pada anak di zaman sekarang ini cenderung semakin meningkat. Banyak sekali penyebabnya, tetapi hal yang paling besar pengaruhnya adalah karena adanya kebutuhan ekonomi yang semakin hari kian meningkat. Bahkan kasus kekerasan yang dilakukan keluarga dalam banyak kasus termasuk kategori berat dan berakibat fatal bagi anak, seperti pembunuhan, penyiksaan hingga menyebabkan cacat seumur hidup atau bahkan meninggal.
Banyak masyarakat yang menganggap KDRTA adalah bagian "dapur" rumah tangga bagi keluarga tersebut, jadi orang lain tidak boleh mencampuri urusannya, akan tetapi jika hal ini semakin lama semakin dibiarkan tentunya si anak akan berkembang dengan keadaan psikologis yang tidak baik. Orang tua yang menganggap ini sebagian dari cara mendidik anak, sangatlah tidak benar. 
Anak sejak kecil sudah diajarkan agar patuh dan taat kepada orang tua dengan cara kekerasan. Anak sering dibelenggu aturan-aturan orang tua yang tidak rasional dan tanpa menghargai keberadaan anak dengan segala hak-haknya, seperti hak anak untuk bermain.
Dalam kondisi dan situasi bagaimanapun anak tetap harus dilindungi, anak harus tetap disayangi, anak harus tetap dibina dalam nilai-nilai yang bijaksana.
apa yang mesti kita lakukan dengan hal ini?

  1.  Selalu lah ingatkan bahwa hal ini merupakan hal yang salah dalam cara mendidik anak, karena anak akan bertingkah liar dan keadaan psikologisnya pun akan tidak baik
  2. Hukum harus sangat ditingkatkan dan berpihak kepada yang lemah.harus segera ditindaklanjuti hal-hal yang berhubungan dengan kekerasan pada anak.

Tidak ada komentar: