Selasa, 22 Desember 2009

keadaan psikologis seorang anak yang terlalu dimanjakan oleh uang

Zaman serba modern  seperti ini anak-anak remaja seringkali terlalu dimanjakan dengan materi dari orang tua, akan tetapi banyak dampak yang akan terjadi dari hal tersebut. seorang anak yang setiap minggunya diberi uang saku lebih dari anak-anak kebanyakannya sering kali menghamburkan uang tanpa tujuan, namun memang ada beberapa tipe anak yang gemar menabung. seorang anak yang terbiasa dimanjakan, diberi uang yang terlalu berlebihan, akan berdampak negatif bagi kondisi psikologisnya. anak itu biasanya seringkali memudahkan sesuatu hanya dengan uang, dan membuat karakter si anak menjadi lebih egois.
Ada beberapa teman saya yang mengalami kondisi seperti ini, hasilnya memang dia lebih bersikap baik dengan sahabatnya, jika temannya kesusahan. beberapa diantara mereka tetapi terlalu egois dengan uang mereka, mereka terbiasa hidup berkecukupan dan keinginannya selalu terpenuhi. Akibatnya, tentu saja si anak jadi lebih manja, kurang mandiri,  dan ketergantungan.
Beberapa anak memang sudah diajarkan oleh orang tuanya untuk bisa memakai uang dengan baik, akan tetapi pergaulan anak remaja masa kini yang sudah sangat ketergantungan tekhnologi menyebabkan mereka kurang bisa bersosialisasi. contohnya, teman saya selalu diperalat dengan temannya sendiri karena terlalu loyal dengan teman lainnya. Merasa diperalat dengan teman lainnya, ia merasa tidak mempunyai sahabat setia  yang memahami perasaannya karena mereka berteman hanya demi uang dan uang.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

bagaimana sebaiknya kita memperlakukan anak tersebut?

marnisetia mengatakan...

brati anak itu g bisa meng hargai uang karna ia merasa orang tuanya kaya. gmn kalau tiba" menjdi orang yg g punya uang sama skali? apa yg akan terjadi?